PENCEMARAN AIR

PENCEMARAN AIR


Air dibutuhkan manusia untuk berbagai kebutuhan seperti,mandi,minum,mencuci. Tapi bagaimana jika air yang kita pakai setiap hari mengandung zat-zat berbahaya yang dapat berdampak buruk pada kondisi tubuh kita jika kisonsumsi. Air yang tercemar akan mengurangi mutu air. Mutu air yang baik untuk digunakan harus tidak berwarna,tidak berbau,dan tidak beracun.



Pencemaran air disebabkan oleh beberapa sumber,antara lain sampah masyarakat, limbah industri, limbah pertanian dan limah rumah tangga. Ada beberapa tipe polutan yang dapat merusak perairan yaitu; bahan- bahan yang mengandung bibit penyakit, bahan- bahan yang banyak membutuhakan oksigen untuk penguraiannya, bahan- bhan kimia organic dari industri atau limbah pupuk pertanian, bahan- bahan yang tidak sediment, bahan- bahan yang mengandung radioaktif dan panas.

Dampak pencemaran air bagi kita maupun mahkluk lain antara lain:

  1. Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya kandungan oksigen
  2. Pendangkalan dasar perairan
  3. Dalam jangka panjang mengakibatkan kanker dan kelahiran cacat
  4. Akibat penggunaan pestisida yang berlebihan selain membunuh hama dan penyakit, juga membunuh serangga dan makhluk yang berguna terutama predator
  5. Kematian biota kuno, seperti plankton, ikan bahkan burung
  6. Dapat mengakibatkan mutasi sel kanker dan leukemia
  7. Dapat menyebabkan banjir
  8. Erosi
  9. Tanah longsor
  10. Kekurangan sumber air
 Kita dapat mencegah pencemaran air dengan cara sederhana seperti,tidak membuang sampah di sungai,tidak membuang limbah pabrik sembarangan,tidak menggunakan pupuk dan pestisida secara berlebihan, karena sisa pupuk dan pestisida akan mencemari air di lingkungan tanah pertanian. Tidak menggunakan deterjen fosfat, karena senyawa fosfat merupakan makanan bagi tanaman air seperti enceng gondok yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran air.



0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 GREEN EARTHTemplate by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.