LAPISAN ES ANTARTIKA ALAMI PEMANASAN LEBIH CEPAT

Peneliti: Lapisan Es Antartika Alami Pemanasan Lebih Cepat
Penulis : Tim Riset The Global Review


Sebuah peneltian yang dilakukan Byrd Polar Research Center, Minggu, mengungkapkan lapisan Es Antartika Barat, yang mencair mungkin menjadi penyebab 10 persen kenaikan permukaan air laut akibat perubahan iklim, mengalami dua kali lipat pemanasan seperti perkiraan awal.

Berdasarkan catatan suhu yang kembali dianalisis dari 1958 hingga 2010 menunjukkan peningkatan dari 2,4 derajat Celcius (36,3 derajat Fahrenheit) selama periode tersebut, tiga kali lebih besar dari peningkatan rata-rata global.

Penulis jurnal David Bromwich dari Byrd Polar Research Center mengatakan, bila dibandingkan penelitian yang dilakukan sebelumnya tercatat kenaikan itu hampir dua kali lipat.  Ini berarti menjadi salah satu wilayah dengan pemanasan global tercepat di Bumi.

“Catatan kami menunjukkan bahwa pemanasan musim panas di Antartika Barat bisa mengganggu keseimbangan permukaan lapisan es, sehingga daerah itu bisa memberikan kontribusi yang lebih besar dari peningkatan permukaan laut dibandingkan yang sudah terjadi,” katanya.

Para ilmuwan meyakini bahwa menyusutnya lapisan ES Antartika Barat menjadi penyebab sekitar 10 persen kenaikan permukaan air laut akibat pemanasan global, yang jika tidak terkendali akan membanjiri banyak kota pesisir dalam beberapa generasi.

Lapisan itu, sebuah massa es yang besar dengan ketebalan hingga empat kilometer (2,5 mil) yang menutupi lapisan tanah dan membentang ke laut, mencair lebih cepat dibandingkan bagian lainnya di Antartika.

Catatan data itu disimpan di Byrd Station di pusat Antartika Barat telah lengkap. (TGR/ANT/AFP)

SUMBER : KLIK DISINI

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 GREEN EARTHTemplate by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.