PENCEMARAN LINGKUNGAN DI TANAH PAPUA




 

PT Freepoort Indonesia merupakan salah satu perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia bahkan di dunia.Pertambangan PT Freeport  di Indonesia berupa jenis Galian Emas, Perak, Tembaga dan material ikutan lainnya. Lokasinya di Grasberg dan Eastberg, Pegunungan Jaya Wijaya. Luas Konsesi 1,9 juta ha (Grasberg) dan 100 Km2 (Eastberg).PT Freeport Indonesia menghasilkan banyak devisa bagi Negara tetapi juga pencemaran lingkungan, terutama lingkungan sekitar.Pencemaran yang terjadi di Freeport di antaranya pencemaran tanah dan air. Dampak yang ditimbulkan dari pencemaran itu juga banyak terutama bagi warga sekitar.
Pencemaran di sungai Ajkwa, Kabupaten Mimika, Papua tidak hanya memusnahkan beragam biota sungai, seperti berbagai jenis ikan, flora sungai dan fauna, tapi juga membuat masyarakat setempat mengalami kesulitan air bersih. Bahkan, masyarakat sulit menanam sagu dan tanaman sejenis akibat rusaknya tanah.

Kerusakan itu diakibatkan oleh PT Freeport membuang limbah yang mengandung logam berat langsung ke sungai Ajkwa. Kedalaman sungai yang semula 50 meter sekang menjadi 5 meter,
akibat dari pendangkalan sungai.

Selain merusak sungai, PT Freeport juga mengakibatkan es di puncak gunung Jaya Wijaya mencair. Jika tidak ada tindakan dari pemerintah gunung es satu-satunya di Indonesia akan mencair dan hilang.

1 komentar:

Copyright © 2012 GREEN EARTHTemplate by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.